Ratusan Anggota GIBAS Demo Panwaslu dan KPU Desak Pelanggaran Pilkada Diusut Tuntas

SUBANG - Ratusan anggota Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) Resort Subang mendemo Panwaslu dan KPU Subang, Senin (9/7/2018).


Aksi unjukrasa ratusan massa ormas ini, diantaranya menyoroti mandegnya pengusutan berbagai laporan dugaan pelanggaran pilkada oleh instansi terkait.


Ketua GIBAS Subang, Iwan Irawan Prayoga didampinngi pengurus lainnya, Enjang Black, Fauzan Pasha dan Yudi dalam orasinya di depan Kantor Panwaslu, menuntut agar Panwaslu dibubarkan, karena dinilai tidak profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam penanganan perkara yang dilaporkan terkait Pilkada Serentak.


“Sampai detik ini tidak ada penyelesaiannya, kita minta Ketua Panwaslu Raskim mundur dari jabatannya. Bahkan terkait adanya dugaan money politik dan penggelembungan suara pun, seakan mandeg,” ujarnya.


Ketua Paswaslu Subang, Raskim yang menerima rombongan membantah tudingan tersebut, malahan terkait pembukaan kotak suara di Cipunagara semua sudah dinaikkan ke KPU.


“Semua laporan yang masuk sudah kita proses sesuai aturan yang berlaku bersama Gakkumdu, namun bila tidak ada indikasi pidana mau bagaimana. Termasuk pembukaan kotak suara sudah diproses oleh gakkumdu,” bantahnya.


Usai dari Panwaslu, massa pendemo dengan dikawal aparat kepolisian kemudian menuju kantor KPU. Kedatangan massa disambut salah seorang komisioner, Suryaman.


“Apa yang diaspirasikan, saya rasa kami sudah sesuai ketentuan. Tapi kami juga menyadari terkait kekurangan dan sampai saat ini kami dari KPU belum menerima laporan dari panwaslu,” ucapnya.


Pihaknya pun akan melakukan tindakan tegas terhadap penyelenggara yang terbukti melakukan pelanggaran.(Jabarpress.com,).