Bangun Pondasi, Kades Jatiragas Hilir Memulai Babad Sedjarah Jati Rangkas

      SUBANG (MGO) – Kepala Desa Jatiragas Hlilir (dulu Jati Rangkas) bareng masyarakatnya membangun pondasi bakal saung sedjarah yang akan menaungi pohon jati yang telah baratus-ratus tahun lamanya masih berdiri tegak ditempat asalnya.

      Dalam aktifitas tersebut Kepala Desa Jatiragas Hilir, Suhaya kerja bareng masyarakat membangun bangunan awal berupa pondasi saung sedjarah diareal persawahan milik H.Subhi dan H.Samah seluas sekitar dua are di Dusun Krajan Rt.05/02 Desa Jatiragas Hilir Kecamatan Patokbeusi, Subang Jawabarat.

      Kedua petani tersebut dengan sukarela menghibahkan dua petak sawahnya kepada pemerintah Desa Jatiragas Hilir. Dalam kegiatan tersebut masyarakat dan Kepala Desa Jati Rangkas (sekarang Jatiragas Hilir) telah membangun pondasi yang nantinya akan dijadikan sebuah gedung monument situs pohon jati.

      Menurut H.Subhi telah dibangun pondasi Jum’át (21-11-2011) dan kini mandeg karena belum ada anggarannya untuk meneruskan bangunan tersebut. Rencananya, diteruskan Subhi, dibuat pondasi tersebut akan dijadikan sebuah gedung monument Jati Rangkas yang kelak lokasi itu tidak habis dimakan jaman.

      Perlunya tempat ini dibangun monument atau saung sedjarah, diharapkan Subhi, agar pohon Jati Rangkas sebagai ikhwal nama Desa Jati Ragas yang sekarang berada di Kecamatan Banyu Sari, Kabupaten Karawang, dan di daerahnya sendiri menjadi Desa Jati Ragas Hilir.

      “Kami berdua rela memberikan sawah kami, karena diatas sawah kami ada sebuah pohon Jati Rangkas (Jati Ragas) yang perlu diabadikan agar sedjarah wilayah ini tetap dikenang anak cucu kami,”jelas Subhi.

      Kepala Desa Jatiragas Hilir, Suhaya membenarkan jika ditempat tersebut ada sebuah pohon jati yang merupakan sedjarah nama Desa Jati Ragas yang ada di Kecamatan Banyusari, Karawang. Sedangkan didaerah asalnya nama Desanya dinamakan Desa Jati Ragas Hilir masuk ke Kecamatan Patokbeusi, Subang.

      Disinggung rencana pembangunan monument untuk dijadikan situs Jati Rangkas, yang kini baru berdiri bangunan pondasi, Kades menjawab, pihaknya dan masyarakat baru bisa membangun pondasinya saja selanjutnya agar pemda Subang bisa meneruskan rencana pembanbagunan ini, atau paling tidak Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Subang mau peduli atas adanya situs Jati Rangkas yang umurnya telah ratusan tahun meskipun pohonnya tidak berdaun namun masih tetap utuh berdiri tegak layaknya pohon hidup berdaun.

      “Saya dan masyarakat Jati Ragas Hilir mengharapkan sekali pemkab Subang untuk meneruskan rencana pembangunan monument ini sebagai salah satu situs sedjarah di Desa kami,”jelas Kades.(*).

        • Dibaca: 2052 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...