Lomba Paduan Suara "Subang Motekar"

Lomba Paduan Suara Subang MotekarSUBANG (MGO) - Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih, mengucapkan terimakasih dan mengapreasi diselenggarakannya Lomba Paduan Suara yang berjudul “Subang Motekar”. Menurutnya dengan lomba padus “Subang Motekar”, sebagai penyemangat.

“Karena motekar itu berprestasi mandiri berjuang. Dengan semangat motekar pasti kita akan berbuat lebih. Saya hanya menjalankan program yang telah ada supaya subang lebih maju seperti Program Gapura,” ujarnya dalam sambutan Pembukaan Lomba Paduan Suara di Aula Kantor Pemda, Selasa (21/3).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-69 Kabupaten Subang. Adapun peserta yang ikut merupakan perwakilan dari 30 kecamatan di Kabupaten Subang.

Selanjutnya kata Imas warga Subang perlu bersyukur karena Subang memiliki kekayaan yang lengkap yang menunjang pada kehidupan wrganya.“Kita harus bersyukur karena Subang sangat kaya. (Kita) punya gunung laut perkebunan dan pariwisata,” imbuhnya.

Maka melalui penampilan lomba paduan suara “Subang Motekar” dapat menambah kebanggan buat untuk lebih maju dan melaksanakan program Gapura.“Kami mnyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Dalam Laporan Panitia penyelengara yang disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Kegiatan yang juga Asisten Administrasi umum Setda Kab. Subang, Sumarna menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan festival lagu "Subang Motekar" sebagai langkah sosialisasi Gerakan Pembangunan untuk Rakyat (Gapura) di Kabupaten Subang yan terdiri dari Gapura Permata, Gapura Intan, Gapura Emas, Gapura Perak dan Gapura Serasi.

Dalam penampilannya setiap peserta membawakan lagu wajib dan pilihan. “Peserta adalah perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Subang sebanyak 30 group. Dengan lagu wajib ’Subang Motekar’ dan lagu pilihan ‘Mars’ dari masing masing kecamatan” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan partitur lagu subang motekar kepada ibu Plt. Bupati Subang.(*).

 

Rencana Pecahkan MURI di Tujuh Sungai

altSUBANG (MGO) - Tujuh sungai di Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang Subang akan dijadikan medan lomba Tangkap Ikan Tanpa Alat. Lomba ini diselenggarakan bagian dari Kegiatan Hari Jadi Kabupaten Subang Ke-69 tahun. Menurut Ketua Panitia, Sumarna kegiatan ini akan diselenggarakan tanggal 1 April 2017 mendatang dengan melibatkan 30 ribu warga dari seluruh wilayah Subang.

Lomba ini diharapkan bisa masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai lomba tradisional dengan jumlah peserta terbanyak.

Dijelaskan oleh Panitiai Penyelenggara Lomba, Didin lokasi lomba akan dilaksanakan di 7 sungai dengan melepas ikan sebanyak 6 ton seukuran 1 kilo berbanding 5 ekor. Tiap kecamatan akan mengirim peserta 50 orang sampai 4 ribu orang.

Adapun motif dari kegiatan ini ialah menjadi bagian Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Tujuannya supaya konsumsi ikan memasyakat dalam menciptakan masyarakat sehat dan cerdas.

“Lomba ini juga menjadi bagian dari Gemarikan supaya masyarakat sehat dan cerdas," ujar Didin dalam penjelasannya di Ruang Rapat Bupati II, Rabu (1/2).

Penyelenggara kegiatan ialah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) dan Dinas Perikanan Kabupaten Subang.

Selain Lomba Tangkap Ikan akan dilaksanakan lomba Taman antar Dinas/Badan/Instansi di Kabupaten Subang. Dikatakan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Subang, Agustias Amin lomba Taman adalah bagian upaya Pemerintah Kabupaten Subang dalam rangka memperoleh Piala Adipura.

Sementara itu dikatakan oleh Sekretaris Daerah dalam kegiatan menyambut Hari Jadi Subang ada kepastian "siapa mengerjakan dan apa yang dikerjakan".

“Supaya kegiatan tidak lewat dari tanggal 5 April dan tidak ada kendala dalam pelaksanaan HUT Subang nanti,” ujarnya. Kemeriahan Hari Jadi Subang bisa dirasakan oleh warga Subang.

Kegiatan lainnya akan diselenggarakan diantaranya Senam Sehat, Sepeda Santai, Jalan Santai, Pentas Budaya, Sunatan Massal dan tutup oleh Upacara Puncak Hari Jadi dilanjutkan dengan Riung Mungpulung dan Tabligh Akbar.(*).

 

Renungan Suci Diawali Napak Tilas

altSUBANG (MGO) - Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih bersama para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Subang, melakukan napak tilas dengan berjalan kaki dari titik kumpul di Rumah Dinas Plt Bupati Subang menuju Taman Makam Pahlawan Cidongkol Subang.

Aksi ini merupakan bagian dari Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-71 tahun Republik Indonesia.

Kegiatan ini merupakan aksi pertama kali selama beberapa tahun terakhir. Sepanjang jalur yang dilalui diterangi oleh obor bambu (colen) yang dipegang oleh pasukan. Selama menempuh perjalanan Plt Bupati bersama Muspida menikmati aura perjuangan. Terlebih sebagian besar banguna di sekitar jalur perjalanan masih nampak bangunan peninggalan masa perjuangan.

Menurut Plt Bupati, tujuannya untuk menyerap semangat para pahlawan yang kala itu hanya berbekal penerangan seadanya berupa obor (colen) tetap semangat memperjuangkan merebut Kemerdekaan.

”Kami Kepala Daerah bersama Muspida berjalan kaki menuju Taman Makam Pahlawan dengan diterangi obor (colen) sedikit mengenang sejarah dimana para pejuang kita dahulu berperang hanya mengandalkan alat penerangan seadanya. Tetapi semangat mereka lebih terang daripada lampu-lampu modern sekarang ini,” paparnya, Selasa malam (16/8/2016).

Harapannya, lanjut Imas, kita semua dapat memaknai dan menuangkan semangat kemerdekaan.

”Khususnya pada kerja nyata di keseharian kita dalam melaksanakan tugas untuk Subang tercinta,” imbuhnya

Hal senada dikatakan oleh Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Inf Budi mawardi Syam yang mengatakan bahwa melalui Napak Tilas bertujuan untuk meningkatkan nilai cinta kita kepada tanah air yang sudah diwujudkan para leluhur kita dalam keterbatasan tetap berjuang tanpa henti.

”Dengan segala keterbatasan kita pada waktu baik siang maupun malam untuk melakukan perjuangan,” ujarnya.

Budi berharap melalui Napak Tilas bisa menanamkan nilai baik hingga mengakar ke generasi penerus.

”Mudah-mudahan nilai baik mengakar sampai ke generasi berikutnya. Saya kira ini perlu dipertahankan dengan melibatkan semua elemen,” pungkasnya.

Malam itu bertindak sebagai inspektur upacara ialah Komandan Kodim 0605 Subang dengan diikuti oleh para pelajar, Aparatus Sipil Negara dan pasukan dari Satuan TNI dan Polri. (*)

 
                  

Berita Terbaru

Bupati Subang: "Tingkatkan Serapan Anggaran Sesuai Prosedur" Bupati Subang: SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imas Aryumningsih menekankan kepada Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Subang supaya segera ...
Segerakan Pendaftaran Parpol Segerakan Pendaftaran Parpol SUBANG (MGO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang mengharapkan kepada partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) ta...
Kereta Tabrak Mobil Di Perlintasan tak Berpintu Kereta Tabrak Mobil Di Perlintasan tak Berpintu SUBANG (MGO) – Kendaraan R4 jenis Suzuki Katana yang dikendarai oleh Saman (50)warga Salamjaya Pabuaran tertabrak oleh Ke...
Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang SUBANG (MGO) – Berkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengharapkan peranan generasi ...
Kejari Subang Selamatkan Keuangan Negara 6,8 Milyar Rupiah Kejari Subang Selamatkan Keuangan Negara 6,8 Milyar Rupiah SUBANG (MGO) – Upaya memulihkan keuangan daerah oleh Pemkab Subang terus diupayakan dengan melakukan penagihan tunggakan ...