Banyak Menteri Antar Jokowi Daftar Capres, Istana: Sebagai Individu

JAKARTA - Beberapa menteri Kabinet Kerja ikut mengantar Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin mendaftar sebagai capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menteri Sekretaris Negara Pratikno menegaskan para pejabat itu datang sebagai pribadi.

"Ada beberapa menteri benar. Tapi kapasitasnya sebagai individu. Ini aku aja nggak pakai pin (pin menteri, red)," ujar Pratikno saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Pratikno mengatakan para menteri tersebut memang sengaja ikut. Mereka ingin berpartisipasi mengantarkan Jokowi-Ma'ruf Amin mendaftar ke KPU untuk Pilpres 2019.

Dia juga menambahkan tidak ada permintaan khusus dari Jokowi sebagai Presiden RI agar para menteri tersebut ikut mengantar ke KPU. "Tidak ada (permintaan dari Jokowi)," katanya.

Untuk diketahui, beberapa menteri yang ikut mengantarkan Jokowi di antaranya Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Mendikbud Muhadjir Effendy, serta Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Hadir juga Menteri Perindustrian yang juga sebagai Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.( DetikNews /jor/ams)