Perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh Blokir Jalan Kota Karawang

      KARAWANG (MGO) - Sejumlah titik jalan raya di wilayah perkotaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kemacetan akibat pemblokiran jalan yang berlangsung selama sekitar dua jam atau selama kegiatan Ruwat Bumi Cap Go Meh, Minggu.

      Pantauan Media pada titik titk kemacetan selama berlangsungnya Ruwat Bumi Cap Go Meh ialah di Bundaran Mega M, jalan raya Tuparev, Alun Alun Karawang, Jalan AR Hakim, jalan raya Yanten, dan beberapa titik jalan raya lainnya.

      Kemacetan terjadi akibat banyaknya warga yang melintasi jalan raya yang menjadi rute pawai barongsai, liong, dan joli, berhenti di sisi jalan untuk selanjutnya menyaksikan kegiatan Ruwat Bumi Cap Go Meh.

      Selain itu, kemacetan juga terjadi akibat pemblokiran sejumlah titik jalan raya oleh aparat kepolisian setempat, selama berlangsung kegiatan Ruwat bumi Cap Go Meh.

      Tidak hanya mobil, kendaraan roda dua atau sepeda motor juga sempat tidak bisa melintasi beberapa titik jalan akibat "tumpahnya" warga Karawang yang menyaksikan Ruwat Bumi Cap Go Meh.

      Pawai pertunjukkan barongsai, joli, dan liong, pada perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu, melintasi jalan raya sekitar perkotaan Karawang, dengan jarak sekitar 2,5 kilometer.

      Start perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh tersebut dimulai dari Kelenteng Bio Kwan Tee Koen. Kemudian, selepas Kelenteng Bio Kwan Tee Koen, melintasi jalan Tuparev-Alun Alun-jalan AR Hakim serta finish kembali ke Kelenteng Bio Kwan Tee Koen. Di perkirakan, rute yang digunakan Ruwat Bumi Cap Go Meh tersebut sepanjang sekitar 2,5 kilometer.

      Ketua Panitia Pelaksana Ruwat Bumi Cap Go Meh Karawang, Hartono Iskandar, Minggu, mengatakan, perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh 2012 kali ini diikuti 45 peserta. Sebanyak 30 peserta merupakan arak-arakan tandu atau joli, sebanyak 10 barongsai dan lima pertunjukkan liong.

      Menurut dia, peserta perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh di Karawang ini tidak hanya diikuti warga Tionghoa dari Karawang. Banyak pula yang berasal dari luar Karawang, tetapi memeriahkan Ruwat Bumi Cap Go Meh di Karawang. Mereka yang dari luar Karawang diantaranya dari Bekasi, Jakarta, Bogor, dan lain-lain.

      "Ruwat Bumi Cap Go Meh kali ini juga diramaikan penampilan 120 anak sekolah yang tergabung dalam kelompok marching band," katanya, di Karawang.

      Sementara itu, ribuan warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memadati area Kelenteng Bio Kwan Tee Koen dan memadati disisi sepanjang jalan sekitar perkotaan, untuk menyaksikan dari dekat perayaan Ruwat Bumi Cap Go Meh, di Karawang, Minggu.(*).

        • Dibaca: 636 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...