14 Tahun TKI Asal Karawang Belum Pulang

      KARAWANG (MGO) – Selama 14 tahun seorang warga Karawang menjadi TKI tujuan Arab Saudi tidak ada kabar beritanya, keluarga TKI berharap agar para pihak yang terkait bisa membantu untuk menemukan keluarganya.

      Umayah Binti Wadam (34) berangkat ke Arab Saudi berumur 19 tahun warga Dusun Cilempung Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamya Kulon, Karawang, yakni sejak tahun 1998  berpamitan untuk bekerja di Jeddah Arab Saudi, akan tetapi hingga kini tidak lagi ada kontak dengan pihak keluarganya, seperti lenyap ditelan bumi.

      Menurut Kakak Umu Kulsum (35)adiknya yang kini berusia 34 tahun itu berangkat ke jeddah Arab Saudi melalui penyalur jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT.BUM Jakarta pada tahun 1998. Saat itu Adiknya baru berumur 19 tahun.

      Pada tahun pertama, keluarga masih bisa bertukar kabar melaui surat secara lancar.malahan sempat mengirim uang sebesar 3000 real, Namun memasuki tahun ketiga , keluarga mulai kehilangan kontak dengan putrinya yang bekerja di sebuah keluarga Siham Binti Badawi Abdul hadi di kota jeddah Arab Saudi.Dalam surat adiknya menceritakan,bahwa majikannya galak sering menyiksa,malahan adiknya menyesal belun bisa membantu orang tua untuk membangunkan rumah yang masih terbuat dari kayu dan bambu.

      "Kami mencoba menelepon tidak ada yang ngangkat. Dikirimi surat juga tidak dibalas," kata Umu kepada MGO, Kamis (8/12/2011)di rumahnya.

      Untuk melacak keberadaan adiknya, Umu Kulsum mengaku sudah menghubungi beberapa pihak. Di antaranya mendatangi PJTKI Jakarta,namun sudah tidak berkantor di alamat tersebut. Bahkan hingga kini upayanya tidak membuahkan hasil, untuk mendapatkan keberadaan adiknya pun belum berhasil.

      Pernah ada kabar dari saudaranya,Komala,yang sama-sama menjadi TKI ditempat yang sama,sempat mencari tahu di jeddah bahkan sempat ketemu dirumah majikannya pertamanya,namun pada kunjungan kedua Umayah sudah tidak ada,katanya sudah pindah majikan.

      “Kami berharap pemerintah dalam hal ini Satgas TKI dan BNP2TKI untuk mencari tahu keberadaan adik saya,karena upaya yang sudah dilakukan belum membuahkan hasil dimana adikku berada,”ujar Umu seraya memelas.

      Hal yang sama pun di alami oleh Nurani Binti Warjan asal Kampung Krajan 2 Desa Pasirjaya,kecamatan Cilamaya Kulon,Nurani Berangkat pada Desember 2004 Tujuan Yordania dia ekerja pada majikan bernama Osama Kusam Al Alamiyah,dengan PJTKI PT Tri Buana Lestari beralamat di Kalibata Jakarta,sejak berangkat menjadi tki tak pernah ada kontak dengan keluarga sampai saat ini.(*).

        • Dibaca: 641 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...