Apresiasii Plt Bupati Subang pada Pemadam Kebarkaran

SUBANG (MGO) - Petugas Pemadam Kebakaran hendaknya merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan “Panca Dharma”, yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, kedua pemadaman kebakaran, ketiga penyelamatan, keempat pemberdayaan masyarakat dan kelima penanganan kebakaran bahan berbahaya dan beracun.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri dalam rangka HUT ke-98 Pemadam Kebakaran di halaman kantor Bupati Subang, Jum'at (17/3).

Tangga 1 Maret merupakan Hari bersejarah bagi petugas Pemadam Kebakaran yang dahulu dikenal dengan brandweer. Disamping tugas pokok, Petugas Pemadam Kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto "Pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya”.

“Pada peringatan hari ulang tahun pemadam kebakaran mengajak seluruh Bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi dan kerusakan lingkungan,” katanya lagi.

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ini bersamaan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional yang diikuti oleh ASN di lingkungan Pemkab Subang.

Berkaitan dengan Apel Kesadaran Nasional, Imas menegaskan supaya Kesadaran Nasional yang selalu dilaksanakan tanggal 17 setiap bulannya harus dimaknai benar-benar dapat membuat kita semakin bersemangat dalam bekerja dan berusaha untuk melaksanakan tugas lebih baik dan lebih serius dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Subang.

Bertepatan dengan momentum HUT ke-69 tahun Kabupaten Subang, pada tanggal 5 april mendatang, diharapkan semua unsur di Kabupaten Subang dapat berperan aktif dalam memeriahkannya dengan mengikuti rangkaian acara yang telah ditetapkan.

Bertindak sebagai petugas upacara dari Dinas Pemadam Kebakarandan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Subang.(*)