Humas BBWSC; Proyek Cikijing Uang Koordinasi Diberikan Salah Satu LSM

      PANTURA (MGO) – Yang mengaku sebagai Humas Balai Besar Wilayah Citarum (BBWSC) Bandung bahwa pekerjaan proyek normalisasi sungai Citarum di Cikijing Subang telah menempuh sosialisasi dan koordinasi bahkan uang koordinasi telah sampai kepada salah satu LSM.

      “Pekerjaan ini telah sosialisasi, koordinasi dengan muspika dan uang koordinasi pun telah diberikan kepada salah satu LSM di Pantura,”ujar Jodi didampingi Sofyan dan Ogi yang mengaku sebagai Humas BBWSC Bandung, Sabtu 1 November 2014 di berada dikantor Direksigit proyek normalisasi sungai Citarum diblok Cikijing Desa Tanjungrasa Kecamatan Patokbeusi, Subang Jawabarat.

      Namun ketika ditanya nominal uang koordinasi yang telah diberikan kepada salah satu LSM Pantura,  Jodi tidak mau menjelaskan, juga tidak mau menyebutkan salah satu LSM yang dimaksud, bahkan Jodi ketika ditanya nominal anggaran proyek normalisasi Jodi pun mengaku tidak tahu. Demikian pula dilokasi tidak ada papan proyek, didalan ruangan direksigit tidak ada papan pengumunan yang sehingga sejumlah organisasi dari Ormas Gival, GMBI, X liber, GRIB, LMP, dan LSI tidak mendapatkan informasi mengenai tahapan proses dan teknis pekerjaan tersebut.

      “Karena tidak adanya papan proyek, papan pengumuman, juga tidak adanya petugas pelaksana lapangan, dan konsultan pengawas eksternal dan internal sehingga terkesan proyek tersebut proyek siluman,”ujar Adang Sutrisno Kepala Divisi Investigasi dan Data Ormas Gival.

      Pun dilanjutkan Adang Sutrisno, sesuai dengan hasil investigasi dimasyarakat bahwa sosialisasi tidak pernah dilakukan oleh pihak terkait, padahal dan semestinya sosialiasi yang melibatkan tokoh/masyarakat, unsur LSM, unsur Desa, unsur Kecamatan, unsur BBWSC dan kontraktornya wajib dilaksanakan.
      “Saya harapkan pihak berwenang untuk menghentikan pekerjaan normalisasi tersebut dengan pertimbangan bahwa uang masyarakat wajib dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang ada. Apalagi kalau melihat pelaksanaan pekerjaan diduga kuat tidak memenuhi dan mencapai pada tujuan pokok pelaksanaan proyek,”ucap Adang Sutrisno yang akrab dipanggil Entis.

      Dipertegas oleh Ketua Umum Ormas Gival, Pirdaus B.Ns. mempertanyakan kredibilitas yang mengaku Humas BBWSC Bandung yang mengaku telah melaksanakan sosialisasi, koordinasi dan bahkan telah memberikan uang koordinasi kepada salah satu LSM di Pantura dengan nilai uang mencapai puluhan juta rupiah.

      Menyinggung soal pelaksanaan teknis, bukan saja dilokasi yang baru beberapa hari dilaksanakan, pelaksanaan proyek yang lain atas program BBWSC/PSDA Bandung yang berada di sungai Citarum di titik Pringkasap-Barugbug Purwadadi, di Binong, di Pabuaran, di Blanakan, di Kaliaren Ciasem, Dukuh-Jatibaru Ciasem rata-rata dikeluarkan uang koordinasi yang cukup besar, dibalik itu pekerjaannya sangat buruk sehingga program pembangunan diwilayah sungai yang mana maksud dan tujuan dari proyek tersebut jauh dari harapan, atau tujuan awal dari proyek tidak dilaksanakan sepenuhnya.

      “Dari semua pekerjaan tersebut ketika normalisasi sungai lumpur tidak diangkat melainkan ditempatkan dibibir sungai, penguatan tanggul (Bronjong/leaning) dipasang ditanah lembek karena tidak menggunakan kisdam. Untuk itu peran konsultan saat itu tidak berfungsi, karena seringkali tidak ada dilapangan,”tegas Pirdaus yang akrab dipanggil Dauscobra.(*).

        • Dibaca: 989 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...