Masyarakat Patokbeusi Tuntut Pamekaran Desa

      PANTURA (MGO) - Masyarakat Kecamatan Patokbeusi tuntut pamekaran desa Rancamulya. Hal itu terjadi paska pesta demokrasi pemilihan Kepala desa Rancamulya.

      Tuntutan pamekaran muncul dari sejumlah masyarakat desa Rancamulya Kecamatan Patokbeusi, Subang, Jawabarat yang ada di Dusun Ciranggon dan masyarakat Dusun Patokbeusi.

      Tuntutan pamekaran desa Rancamulya muncul dari keinginan masyarakat yang ingin dan merasa telah mampu untuk membangun daerahnya sendiri. Menurut Ketua Tim Pamekaran Desa Rancamulya, Sudarmanto, bahwa keinginan pamekaran desa Rancamulya menggelinding pada tanggal 20 November 2012 alias 2 hari paska Pilkdes Rancamulya.

      "Seingat saya munculnya pamekaran adanya sekelompok masyarakat yang menginginkan agar  seorang warga Patokbeusi yang juga sebagai Ketua umum Ormas GIVAL untuk membimbing masyarakat dalam proses pamekaran,"ujar Sudarmanto.

      Jangan diartikan, dilanjutkan Sudarmanto, keinginan pamekaran karena kecewa atas kekalahan calon Kades noor satu, itu hal yang salah, yang benar adalah bahwa rencana pamekaran telah digelindingkan dua tahun yang lalu, namun karena masyarakat tidak menginginkan ahirnya terhenti ditengah jalan.
      Karena saat ini, dan tepatnya 2 hari paska Pilkades keinginan masyarakat tidak bisa dibendung yang pada ahirnya seorang tokoh masyarakat bernama Pirdaus, didukung oleh sejumlah tokoh serta direspon penuh oleh Ketua BPD Rancamulya pada ahirnya pamekaran desa Rancamulya terus berjalan. Setelah dua kali rapat pembentukan panitia pamekaran, saat ini tim pamekaran sedang menyusun rencana sosialisasi dan meminta dukungan tanda tangan masyarakat agar niat pamekaran bisa diproses sesuai prosedur.

      "Setelah kami selesai sosialisasi, dan setelah Kepala desa Rancamulya terpilih dilantik kita akan bicarakan pamekaran dengan Kepala Desa dan BPD sebelum melanjutkan ke tingkat Kabupaten,"jelas Sudarmanto.
      Masyarakat Patokbeusi, Pirdaus B.Ns juga sebagai Ketua Umum DPP.Ormas GIVAL menyebutkan, pihaknya tidak mengelak ketika dituding sebagai pemprakarsa pamekaran desa Rancamulya. Pamekaran berawal ketika dirinya dua kali diundang silaturahmi oleh masyarakat Cirenggon dan diminta untuk menjelaskan untung ruginya pamekaran desa.

      "Menurut masyarakat saya dianggap mampu untuk menjadi roda penggerak pamekaran, karena ini amanah masyarakat saya akan terus berjuang sampai keinginan masyarakat dikabulkan, Insya Allah, Amiin,"jelas Pirdaus.

      Ketua BPD Rancamulya, Muhtadin juga menjelaskan, bahwa pihaknya sebagai penampung aspirasi masyarakat tidak bisa membendung apalagi menghalang-halangi keinginan masyarakat yang menginginkan pamekaran. Akan tetapi karena pamekaran tidak semudah seperti membalikan telapak tangan untuk sementara pihaknya merespon dengan memberikan pemahaman proses pamekaran yang cukup panjang.

      "Kami hanya sebagai wakil rakyat di desa, kiranya dan apabila masyarakat telah mampu untuk memproses pamekaran kami akan menyimpulkannya dengan Kepala Desa atas keinginan masyarakat tersebut, tapi nanti, sekarang kan belum apa-apa,"ujar Muhtadin.(*).

        • Dibaca: 1191 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...