Bupati Cirebon Buka Seminar Perkoperasian di Nyimas Gandasari Sumber

CIREBON - Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si membuka secara resmi Seminar Perkoperasian tentang Kegiatan Pembinaan, Pengawasan, dan Penghargaan Koperasi Berprestasi dalam rangka Peringatan Hari Koperasi Ke 71 Tingkat Kabupaten Cirebon, Kamis (12/07/2018) yang dilaksanakan di ruang Nyimas Gandasari Setda Sumber.

Seminar diikuti peserta dari Gerakan Koperasi se Kabupaten Cirebon. Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekopinda Kabupaten Cirebon, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Cirebon, Perwakilan OPD dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon Ir. H. Dedi Nurul Sudjudi A menyampaikan, perlu diketahui bahwa koperasi yang ada di Kabupaten Cirebon berjumlah 707 koperasi yang sampai dengan saat ini untuk Tahun 2018 yang telah melakukan RAT sekitar 100 lebih koperasi.

Dari 707 koperasi kami mencoba mendelay 42 koperasi yang dianggap sudah baik, tetapi belum pernah memiliki penghargaan dan nanti kami akan usulkan dari kegiatan ini akan dilihat beberapa koperasi yang berprestasi, baik untuk Kabupaten Cirebon, tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa terwujud.

Disamping kegiatan seminar sehari diharapkan outputnya adalah ada semacam rekomendasi kira-kira kedepan Kabupaten Cirebon ini dalam melakukan pembinaan terhadap koperasi, pertumbuhan terhadap koperasi, penguatan modal koperasi ini seperti apa. Kami mengharapkan dari seminar sehari ini kita mendapatkan output yang bagus tentunya untuk pengembangan koperasi kedepan.

Sedangkan Bupati Cirebon H. Sunjaya menyampaikan ucapan selamat Hari Koperasi ke 71 Tahun 2018 dan menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga besar Gerakan Koperasi di Kabupaten Cirebon.

Melalui kegiatan ini diharapkan pengurus, pengelola Koperasi dan UKM memiliki pandangan yang luas terhadap pengelolaan usaha secara profesional, efektif dan efesien.

Bupati Cirebon mengingatkan bahwa koperasi harus bisa betul-betul mensejahterakan anggotanya disamping melindungi produk-produk yang dihasilkannya termasuk produk-produk unggulan Kabupaten Cirebon. Koperasi juga harus mampu bersinergi dengan Koorporasi dalam menghadapi persaingan ekonomi. Kulitas dan kuantitas harus dijaga agar koperasi mampu eksis dan memiliki daya saing.

Bupati Cirebon mengajak para Pembina, Pengurus, Pengelola dan seluruh anggota koperasi untuk berpartisipasi dalam reformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasaitas masing-masing.(Bens,Diskominfo).