Pilot Project Verifikasi Lahan Pangan dan Pertanian

      altSUBANG (MGO) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Subang, Abdurakhaman mengapresiasi upaya verifikasi lahan pangan dan pertanian. Menurut Abdurakhman, dari data terakhir luas lahan di Subang sekitar 80 ribu hektar.

       "Apakah masih tetap 80 hektar atau berkurang? Lalu bagaimana kondisinya?” ujarnya dalam memberikan sambutannya saat menerima Tim Pilot Project Verifikasi Lahan Pangan dan Pertanian di ruang Rapat Bupati Subang, (5/9/2016).

      Selanjutnya dikatakan bahwa dengan dibukanya jalan tol melalui wilayah Subang mengundang industri dan dengan sendirinya terjadi alih fungsi lahan pertanian.

      Maka dengan kegiatan verifikasi lahan pangan dan pertanian bisa memberikan data yang selanjutnya bisa dipergunakan pada pembangunan dalam rangka Ketahanan Pangan. Menurut Sekda hasilnya diharapkan bisa memberikan gambaran dalam mendukung ketahanan pangan. Dengan adanya verifikasi lahan pangan dan pertanian diharapkan para Kepala SKPD dan para Camat terkait mendukung kegiatan dilapangan, verifikasi lahan pangan dan pertanian diperlukan karena mayoritas lahan sebagian besar lahan pertanian dan sebagai pemasok pangan di provinsi Jawa Barat.

       

      Selanjutnya disampaikan Deputi Pangan dan Pertanian Kementerian Bidang Perekonomian, Drs. Eliyas Payongkeran,Dalam sambutannya memyampaikan bahwa perkembangan pangan dan pertanian diperlukan verifikasi data yang valid, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, kegiatan verifikasi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan data lahan pangan dan pertanian khususnya di Provinsi Jawa Barat.

      Pada pilot project ini akan memetakan sekitar 400.000 hektar lahan pertanian pulau jawa, khususnya di Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, dan Karawang. Oleh karena itu memerlukan support dan dukungan dari segenap elemen pemerintah, swasta, petani dan stakeholder terkait untuk memastikan didapatkan data terbaik bagi semua pihak.

      Adapun hasil yang diharapkan kegiatan ini diantaranya meningkatkan efesiensi penyaluran bibit dan pupuk buat petani. Ada manfaat kelak dalam pembangunan pertanian menjaga keberadaan lahan pertanian.

      Luas lahan Pertanian dan di Kabupaten Subang cenderung mengalami penambahan luas di beberapa daerah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terungkap dari data Kementerian Bidang Perekonomian saat memaparkan Pilot Project Verifikasi Lahan Pangan dan Pertanian.(*).

        • Dibaca: 271 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...