Mendes Siapkan Juklak dan Juknis Dana Desa

      altJAKARTA (MGO) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sedang mempersiapkan petunjuk pelaksanaan dan teknis (Juklak dan Juknis) terkait pengelolaan dana desa.

      Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, sejumlah Peraturan Menteri (Permen) sebagai payung hukum pelaksanaan pembangunan di pedesaan sedang disiapkan menyusul keluarnya Perpres 12 Nomor 15 tentang Struktur Kemendes PDTT belum lama ini.

      "Agar pelaksanaan tidak salah, saat ini sedang kita siapkan Juklak dan Juknisnya. Ada enam sampai tujuh Permen yang sedang disusun sebagai payung hukum karena nomenklatur Kementerian Desa dan PDTT baru turun beberapa hari lalu," jelas Marwan saat blusukan ke Desa Bandung, Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang, Banten.

      Marwan menjelaskan, hal itu menjawab pertanyaan dari aparat Desa yang masih kebingungan soal pengelolaan dana desa dan mekanisme pencairan serta penggunaannya.

      "Kita akan terus sosialisasikan Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2014 tentang Desa kepada masyarakat, melanjutkan apa yang pernah dilakukan DPR. Sambil menyiapkan payung hukum turunannya," tambah Marwan.

      Selain berdialog dengan warga, pada kesempatan ini Marwan juga melihat pengrajin anyaman dari daerah tersebut. Ia berharap, agar dana desa dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga.

      "Gunakan dana desa sebaiknya, karena akan langsung diaudit BPK. Penggunaan harus transparan, akuntabel dan jangan ada penyelewengan. Indonesia harus dibangun dari pinggiran, dari desa, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi," tegas Marwan.

      Menurutnya, dana desa harus diprioritaskan untuk pembangunan desa. Baik infrastruktur (jalan dan irigasi) serta pembentukan BUMDes.

      "Saya sudah mengirim surat kepada seluruh Kepala Desa agar menyiapkan RPJM dan RKP Desa agar dana tersebut bisa dicairkan," tandasnya.(*).

        • Dibaca: 669 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...