PT.SHS Telah Siap Penuhi 200 Ribu Ton Kebutuhan Benih Nasional

      SUBANG (MGO) - Untuk menopang ketahanan pangan nasional pada tahun 2013 PT Sang Hyang Seri (Persero) telah siap produksi benih padi unggulan mencapai 200.000 ton atau akan memenuhi kebutuhan benih Nasional sebanyak 62 persen.

      Upaya tersebut agar pada tahun 2014 selain guna menopang dan menyukseskan ketahanan pangan nasional juga untuk memenuhi capaian surplus beras 10 juta ton.

      Untuk mendukung program tersebut Direktur Utama PT.Sanghyang Seri (PT.SHS), Kamarudin telah siap untuk melaksanakan tantangan tersebut, bukti awal yang dilakukan dengan peluncuran kemasan benih padi baru yang mutu dan kwalitasnya lebih baik dan lebih unggul. Penggantian kemasan tersebut PT SHS dituntut untuk menjaga benih padi bersertifikat berstandar nasional Indonesia (SNI) yang benar-benar terjaga mutunya.

      “Berdasarkan pengalaman sebelumnya konsumen menilai buruk terhadap kualitas produksi benih padi yang dikeluarkan SHS, dengan kemasan baru ini kiranya akan memunculkan kesan dan kualitas isi yang baik,"jelas Kaharudin pada saat konperensi pers pasca launching kemasan baru label benih SHS, Jum'at (02-11-2012) dihalaman pabrik baru produksi padi miliknya.

      Pun Kaharudin menambahkan, kemasan baru selain diterapkan pada kemasan benih padi juga produk benih lainnya mengikuti, benih jagung dan kedelai untuk memenuhi pasar bebas dan subsidi benih. Untuk memnuhi pengadaan benih, PT SHS akan lebih mengoptimalkan lagi areal persawahan yang dikelola swakelola maupun kerjasama yang luasnya sekira 3.150 hektare berada di PT.SHS kantor Regional 1 Sukamandi. Pun PT.SHS akan meningkatkan kerja sama penangkaran benih baik dengan perusahaan BUMN lainnya maupun dengan penangkar yang dilakukan oleh para petani.

      "PT SHS menjadi penyedia benih utama benih unggulan yang bersertifikat sejak tahun 1971 telah terbukti memnuhi kebutuhan benih bagi para petani. Dan sejak tahun 2012 diproyeksikan menyediakan benih Jagung 16.000 ton, benih kedelai 17.000 ton dan benih padi mencapai sebanyak 120.000 ton per tahun 2012 ini, dan KR 1 Sukamandi telah sanggup memproduksi benih sebanyak 30.000 ton,"tambahnya.

      Wakil Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan (Wamentanpan), Rusman Iryawan kiranya, PT Sang Hyang Seri (Persero) menghasilkan produksi benih bisa menjaga mutu dan kualitasnya. Pun PT.SHS sebagai pemproduksi benih padi mencapai angka 62% atau sebanyak 200 ribu ton produksi benih. Kiranya jumlah produksi bisa memenuhi kebutuhan benih di tahun 2013 pada  angka 325 ribu ton benih padi dengan optimalisasi lokasi penangkaran.

      "Capaian Produksi benih hingga 62 persen diharapkan bisa berdampak baik pada hasil produksi yang tentunya benih padi PT.SHS kualitasnya baik akan memberikan sumbangsih baik, namun apabila sebaliknya akan berdampak buruk juga apabila benih yang diproduksi  hasilnya buruk,"ujar Wamen.

      Wamentan berharap agar PT SHS bisa lebih mengoptimalkan lagi hasil produksinya sekaligus bisa menjaga mutu dan kualitas benih agar benih yang dipasarkan secara umum atau untuk memenuhi kebutuhan subsidi bisa lebih baik dari sebelumnya. Kemungkinannya PT SHS  akan mengalami kendala apabila dalam pemenuhan kebutuhan benih tidak melibatkan para petani penangkar lokal sebagai penyokong pemenuhan kebutuhan benih padi yang mencapai angka 62 persen atau sebanding dengan 200 ribu ton benih padi.(*).

        • Dibaca: 1512 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...