Prioritas Musrenbang adalah Infrastruktur

SUBANG (MGO) - Prioritas Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Subang masih sama yaitu perbaikan jalan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Subang dalam acara Lounching Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Tahun 2017 di Kecamatan Binong, Selasa, 31/1/17.

Imas menegaskan Musrenbang ini adalah akhir masa jabatan, dan program Gapura harus sudah betul-betul ada dan dirasakan oleh masyarakat, "terutama mengenai administrasi yaitu Paten di Kecamatan, dan Pantes di Desa, jangan sampai masih ada pungli lagi. apalagi jalan-jalan untuk wisata harus segera di buat dan diperbaiki karena ini merupakan peningkatan PAD" ungkapnya.

Kepala Badan Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D), Sumasna menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang harus bisa menjamin untuk masyarakat akan pembangunan.

"Maka jumlah Pagu Kewilayahan untuk kecamatan tahun ini sebesar 3 miliar (rupiah) kecuali Kec. Subang 4.5 (milyar rupiah), namun kesemua itu harus ada kesesuaian sesuai peraturan Kementrian Desa," ujarnya.

Sumasna menambahkan, Musrenbang Desa telah dilaksanakan dan selesai tangal 23 januari, tahapan selanjutnya pelaksanaan musrenbang kecamatan dan arah kebijakan pembangunan untuk 2018 yaitu pencapaian Gapura dan tahun ini merupakan tahun terakhir LKPJ dari penjabaran visi misi Kabupaten subang tahun 2014-2016 dari pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kemudian Camat Binong, Suhendi, melaporkan hasil Musrenbang sudah bisa dinikmati dengan adanya aula kantor Kecamatan Binong, dari tahun 2013 dan di kecamatan banyak tempat keagamaan yang belum terbiayai.

“Maka untuk mebiayainya dicetuskankanla gerakan Seiman yaitu sedekah, infak keagamaan dari masyarakat sebesar dua ribu rupiah. inovasi di Kecamatan ada Bedil (Bela Diri Linmas) untuk mencegah lebih pintar pencurinya daripada Linmas dengan memakai anggaran DPA, kemudaian Bedas (Beladidri Anak Sekolah),” ujar Suhendi.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati memberikan uang kadeudeuh kepada Padauan Suara dari Madrasah Aluyah, Bedil dan Bedas yang sebelumnya acara dimulai tampil di hadapan semua tamu undangan yang hadir dan bupati mendapatkan cindramata berupa Bedog yang khsus dibuat.(*)