Bupati Subang Targetkan Menjadi Kabupaten Halal

      SUBANG (MGO) - Pemerintah Kabupaten Subang bertekad ingin menjadi kabupaten halal. Maksudnya ialah pemerintah mengharapkan produk yang dihasilkan di kabupaten Subang mendapatkan predikat halal.

      “Kami menginginkan produk yang dihasilkan di kabupaten Subang mendapatkan predikat halal apakah dari MUI atau lembaga lain yang memberikan predikat halal,” kata Bupati Subang, Ojang Sohandi pada sambutan dalam penghujung acara Peringatan HUT ke 66 Kabupaten Subang yang menampilkan Pegelaran Wayang Golek di Alun-Alun Subang, Sabtu malam (26/4/2014).

      Ketika memberikan sambutan Ojang didampingi Wakil Bupati Subang, Imas Aryumningsih dan Calon DPD Jawa Barat, Oni Suwarman. Cita-cita tersebut merupakan bagian dari Gerakan Pembangunan untuk Rakyat atau Gapura Emas pembangunan ekonomi yaitu ekonomi masyarakat.

      Aspek lainnya dari Gapura ialah Gapura Permata (Aparatur yang bermartabat) pemerintah ingin menciptakan aparatur yang paripurna dalam memberikan pelayanan. “Aparatur Subang bukan hanya yang pandai memberikan perintah. Tetapi bisa menjadi teladan,’ ujarnya. Kemudian Gapura Intan (Infrastruktur Berkelanjutan). Gapura Perak (Pendidikan untuk Rakyat) bertekad supaya Rakyat Subang bisa mengakses pendidikan. “Sengaja dibuat bukan pendidikan untuk siswa/siswi tetapi untuk rakyat maksudnya Pemkab Subang menginginkan pendidikan bisa dirasakan oleh Rakyat Subang semuanya. Makanya dinamakan Pendidikan untuk Rakyat,” tegas Bupati.

      Kemudian di bidang kesehatan Gapura Serasi (Sehat Rapi Indah dan Bersih). Tekad ini menginginkan Rakyat Subang terjamin kesehatannya dengan membiasakan pola hidup sehat dan memberikan pelayanan kesehatan. Harapan lainnya melalui program ini tahun 2015 mendatang Kabupaten Subang bisa meraih Gelar Adipura.

      Pada kesempatan tersebut Ojang menyampaikan permohonan maaf yang rencananya akan menampilkan Wayang Golek dengan Dalang Asep Sunandar tetapi beliau keburu dipanggil Yang  Maha Kuasa. Tetapi penampilannya tetap akan digantikan oleh putranya Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya. Ini merupakan upaya supaya kebudayaan daerah tetap bisa tampil ditengah-tengah gempuran budaya asing. “Jangan sampai (ditengah gempuran budaya asing) budaya kita tersisihkan. Jangan sampai Jati kasilih ku junti,” kata Ojang lagi.

      Walaupun sudah berganti dalang, pagelaran Wayang Golek tetap menjadi hiburan favorit Rakyat Subang. Terbukti dari luapan penonton yang tetap mengalir memadati alun-alun Subang Kota yang menjadi lokasi pagelaran. Walaupun lokasi becek karena guyuran hujan pada sore harinya. Mereka rela menggelar lesehan ditengah beceknya umpur lapang alun-alun demi menikmati suguhan Wayang Golek.

      Bahkan satu keluarga tetap menyaksikan walaupun harus diatas sepeda motor. Ucup, warga Cigadung Subang bersama istri dan 2 orang anaknya tetap setia menanti Ki Dalang tampil. “Saya mah tidak terlalu terpaku pada dalang. Bagi saya (Wayang) Golek bahasanya lebih enak dinikmati,” kata Ucup kepada penulis. Bagi Ucup dengan tampilnya Dalang generasi berikutnya berharap bisa membawakan cerita yang lebih kontemporer. Seperti yang telah dibawakan pendahulunya.(*).

        • Dibaca: 619 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...