Hari Pahlawan, NKRI Bukan Hadiah Namun Hasil Perjuangan

      SUBANG (MGO) - Sejarah telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi bangsa berdaulat dan terhormat adalah bukan hadiah atau pemberian dari pihak manapun. Tetapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik, dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang dan para pahlawan pendahulu kita.

      Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Wing Dik Tekkal Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Kolonel Tek A. Taviana, S.IP selaku Inspektur upacara pada Hari Pahlawan, 10 Nopember 2013 di halaman Kantor Pemda Subang, saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA.

      Disampaikan juga bahwa memaknai peringatan Hari Pahlawan harus menjadi refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga.

      Tema Hari Pahlawan tahun 2013 ialah “Pahlawanku Idolaku” dengan maksud untuk mengingatkan kepada kita supaya nilai-nilai kejuangan yang telah dibangun selalu diingat dengan baik.

      Disadari bahwa dinamika perubahan berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara masih menyisakan berbagai permasalahan, seperti kemiskinan, ketelantaran, pengangguran, korban bencana, konflik antar warga dan masalah-masalah lain yang dapat mengganggu kelangsungan keharmonisan berbangsa dan bernegara di semua aspek.

      Untuk mengatasinya kita harus bahu membahu dan bersama-sama melakukan segala upaya agar impian dan harapan menjadi negara Indonesia yang berdaulat, adil, makmur, dan sejahtera dapat menjadi kenyataan.

      Modal sosial yang harus kita perkuat adalah menjaga jati diri sebagai bangsa yang hebat untuk membangun negeri yang lebih kuat, kokoh, dan harmonis didalam bingkai Negera Kesatuan Republik Indonesia.

      Semangat kepahlawanan dan kejuangan yang direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi, serta toleransi harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi diwaktu kini dan mendatang.

      Pada kesempatan tersebut diserahkan medali Kejuaraan Karate Jabar Terbuka Piala Gubernur Jawa Barat II tahun 2013 kepada: Nia Kurniasih sebagai Juara I Kata Perorangan Senior Putri, Risca Anisa sebagai Juara I Kumite Perorangan Senior minus 50 kg Putri, Rista Mart Dwi sebagai Juara I Kumite Perorangan Senior 55 kg Putri, Yudi Fatkhurohman sebagai Juara I Kumite Perorangan Senior minus 55 kg Putra, Putra Yogi Tanjung sebagai Juara III Kumite Perorangan Senior plus 67 kg kategori dan Lalu Achmad sebagai Juara III Kumite Perorangan Senior plus 84 kg Putra

      Penyerahan medali secara silbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kab Subang, Drs. H. Abdurakhman, M.Si bersama jajaran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab Subang.

      Bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Kapten Sus Anton BS, ST dari Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Pembaca Naskah Pancasila Dwi Tirta Guma siswa SMAN 2 Subang dan Pembukaan UUD 1945 Hamidiyan AS. siswa SMAN 2 Subang. Pengibar bendera ialah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Subang.(*).

        • Dibaca: 711 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...