Bagi Bangsa Indonesia Semangat Kebangkitan Nasional Penting

      SUBANG (MGO) - Bangsa Indonesia sangat penting menghayati semangat Kebangkitan Nasional. Dengan memahami sejarah Kebangkitan Nasional, maka akan menanamkan etos perjuangan untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi negara maju, modern, adil sejahtera.

      ”Inilah cita-cita bersama yang mesti diwujudkan,” kata Komandan Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Ending Sungkana saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2013 di halaman Kantor Bupati Subang, Senin pagi (20/6/2013). Ending saat itu membacakan sambutan Menkominfo dalam rangka Harkitnas 2013.

      Selanjutnya disampaikan bahwa dengan peringatan Harkitnas perlu mengambil teladan semangat perjuangan The Founding Fathers yang telah berjuang tanpa pamrih, penuh pengorbanan, kesabaran dan keberanian mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini.

      Perjuangan yang dibangun atas dasar kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Mengedepankan dialog yang konstruktif bagi pemecahan persoalan bangsa yang dihadapi kala itu. Sehingga problem-problem pelik dibidang politik, ekonomi maupun sosial bangsa ini dapat terpecahkan.

      Nilai–nilai Harkitnas tersebut, sambungnya masih relevan sepanjang masa untuk membangun dan memelihara kebersamaan dan  persatuan, para pemuda berhimpun dalam organisasi tanpa menonjolkan semangat kedaerahan. Perjuangan para mahasiswa terumuskan dalam ikrar:  satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. “Sebuah gagasan agung yang begitu brilian,” tegasnya.

      Diingatkan bahwa tantangan yang dihadapi abad ke-21 berupa globalisasi. Daya saing dan keunggulan bangsa akan diuji ditengah kompetisi antar bangsa. “Kondisi di mana tapal batas antar-negara seolah pupus. Dimensi ruang dan waktu seakan runtuh. Dunia seakan terasa datar, menjadi satu kesatuan,” ujarnya.

      Seyogyanya momentun Harkitnas mampu melecut kembali nilai kebersamaan dalam menghadapi globalisasi dengan menggelorakan rasa bangga dan Cinta Tanah Air.

      Semua elemen bangsa harus tangguh bagi kejayaan bangsa. “Karena sesungguhnya kita semua telah mewarisi darah dan jantung para pejuang yang gagah berani melawan musuh penjajah,” tegasnya lagi.

      Patut disyukuri banyak pejuang bangsa, yang Insya Allah tetap setia berkarya dibarisan para pembangun negeri ini. Seperti anggota TNI/POLRI yang menjalankan tugas di perbatasan untuk menegakkan kedaulatan wilayah Indonesia. Para guru, bidan maupun dokter yang berbakti di daerah terpencil. Para PNS yang bekerja disemua bidang pemerintahan, baik pusat maupun daerah dan para pekerja swasta, relawan yang telah berjuang dengan tulus dan ikhlas, membangun bangsa dalam kebersamaan dan persatuan. Diharapkan setiap elemen meletakkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok,  sehingga kebahagiaan bersama dapat kita raih.

      Lari tertatih pasangan angsa, Ditepi sawah berliku-liku. Mari raih kejayaan Bangsa, Bekerjasama bahu membahu

      Apel diikuti oleh peserta terdiri dari siswa SMP, SMA, dinas, POLRI/TNI serta jajaran Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab Subang. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Asum Sudarso dan Kodim m0605/Subang dan petugas pengibar bendera Paskibra Kab Subang dan Paduan suara dari SMA 2 Subang.(*).

        • Dibaca: 780 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...