IPDN Bantu Pemda Subang Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Masyarakat Desa

      SUBANG (MGO) - Pemerintah Kabupaten Subang sangat mengapresiasi Kegiatan pendampingan masyarakat pedesaan yang dilaksanakan oleh praja Institut Pemerintahan Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

      Menurut  Asisten Tata Praja, Drs. H. Cecep Supriatin, M.Si, dalam sambutannya atas nama Bupati Subang pada Penutupan Kegiatan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IPDN di Ruang Rapat Bupati, Rabu (15/5). Kata Cecep dengan kehadiran para praja di tengah masyarakat desa dinilai cukup membantu dalam upaya meningkatkan kualitas masyarakat desa.

      "Dengan adanya rekomendasi yang dihasilkan dari kegiatan LPM tentunya dalam rangka perbaikan, Insya Allah berbagai kekurangan yang ditemui di lapangan dapat segera diapresiasi,"ujar Cecep.

      Menurut Ketua Panitia , yaitu Kepala Pusat Pesisir dan Perbatasan LPM IPDN Drs. Hazbullah Hassan, M,Si menyampaikan bahwa kegiatan praja IPDN berlangsung di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Ciasem dan Kecamatan Jalancagak yang berlangsung selama 3 bulan dari 6 Maret 2013 sampai 14 Mei 2013 yang melibatkan seratus orang yang terdiri praja, pejabat dan para tokoh masyrakat setempat.

      Hasil Kegiatan LPM IPDN yang berlangsung selama 3 bulan tersebut menghasilkan rekomendasi diantaranya pada aspek pemerintahan desa dan penanggulangan bencana alam. Dalam rekomendasi yang disampaikan oleh Kepala Pusat Perdesaan LPM IPDN. Drs James Robert Pualilin M.Si, tersebut dari aspek Pemerintahan Desa perlu adanya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) khususnya pada penyusunan Peraturan Desa (Perdes). Peningkatan kapasitas bisa melalui pelatihan-pelatihan yang intensif sehingga bisa lebih baik lagi.

      Selanjutnya mengenai Sekretaris Desa (Sekdes) di beberapa desa ada yang kosong tetapi di lain desa ada yang melampaui kapasitas tugas sebagai Sekdes. Selanjutnya mengenai upaya pengelolaan potensi perlu dilakukan inovasi dan dukungan dari Pemkab supaya lebih optimal dalam rangka pelaksanaan kemandirian desa. Salah satunya dengan  mengembangkan rekayasa teknologi sehingga menjadi bermanfaat.

      Kemudian mengenai upaya perbaikan infrastruktur jalan desa yang rusak oleh kegiatan perusahaan di sekitar desa. Selanjutnya LPM IPDN akan dilaksanakan di Bekasi dan Indramayu serta Sangihe yang merupakan wilayah yang berbatasan dengan Negara Filipina.

      Dalam sambutan Rektor IPDN yang dibacakan Kepala Pusat Pusat Perkotaan LPM IPDN, Baginda Harahap, SH, Sp.N, menyampaikan bahwa IPDN hanya ciptakan suatu konsep. Selanjutnya bisa direalisasikan dalam kebijakan yang lebih tinggi.

      Acara diakhiri dengan tukar cindera mata antara Pemkab Subang dan pihak IPDN dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Tata Praja, Drs. H. Cecep Supriatin, M.Si, dan Baginda Harahap, SH, SpN.(*).

        • Dibaca: 780 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...