Kementrian Perumahan Rakyat Bangun 230 Ribu Rumah Rakyat

      SUBANG (MGO) - Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, pihak Kementrian Perumahan Rakyat RI pada tahun 2013 targetkan memperbaiki 230 ribu rumah rakyat miskin yang tersebar di 287 daerah di Indonesia.

      Menurut Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera RI, Ir. Jamil Ansari, SH, MM tujuan perbaikan rumah mendorong masyarakat mau membangun rumah yang layak huni. Sehingga terbangun rumah yang layak huni. Tujuan utamanya ialah kualitas layak huni bukan kualitas tampilan. Misalnya ventilasi rumah yang tadinya permanen supaya bisa dibuka setiap pagi hari.

      “Sirkulasi udara itu penting. Makanya jendela rumah harus bisa dibuka pagi hari supaya udara segar masuk. Baru malam hari di tutup lagi. Bila udara bersih kurang, ini bisa mengurangi kecerdasan penghuni rumah,” jelas Jamil di tengah kegiatan meninjau 8 rumah di Desa Dawuan Kaler Kec. Dawuan Kab. Subang, Jawabarat, Sabtu siang (9-3-2013).

      Untuk mendapatkan bantuan ini kata Jamil melalui pendataan oleh Kepala Desa dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani perumahan. Supaya akurat data detailnya Kepala Desa/Lurah yang mencatat semua rumah rakyat miskin. Alhamdulillah swadaya masyarakatnya bagus. Setelah meninjau meninjau tadi nampak bagus swadayanya. Namun ada temuan rumah yang dibangun dengan bahan yang tidak sesuai. Namun setelah klarifikasi, itu dilakukan pihak penerimanya. “Bukan oleh pengelola,” kata Jamil.

      Selanjutnya menurut Jamil, pihakya cukup terkesan dengan swadaya lingkungan yang dilakukan masyarakat sekitar. Selama melakukan peninjauan langsung di lapangan, khususnya di Subang banyak perbaikan rumah dibantu sanak famili dan tetangganya. Ini baik bahkan di beberapa lain juga bantuan yang turun hanya untuk 30 rumah namun 20 rumah lainnya di sekitarnya ikut diperbaiki dengan swadaya masyarakat langsung. Termotivasi turut memperbaiki rumahnya supaya lebih baik lagi. “Ini bagus. Akan kami dorong upaya tersebut,” ujarnya.

      Menurut Kepada Dinas Tata Ruang, Pemukiman dan Kebersihan (Tarkimsih), Ir. Sumasna, kedatangan Deputi Bidang Perumahan Swadaya ke Subang yang meninjau langsung lokasi, membuat jelas tentang rumor penyelewengan dana bantuan. Ini terlihat di lapangan bahwa itu tidak benar. Setelah diklarifikasi di lapangan ternyata realisasi bantuan yang diterima diterapkan tidak sesuai oleh pihak penerima. Kemudian makin diperjelas bahwa yang seharusnya dilakukan.“Yang benar ialah peningkatan kualitas huni rumah. Bukan kualitas penampilan,” kata Sumasna.

      Misalnya mengenai pembuatan jendela yang diutamakan ialah merubah jendela yang tadinya paten menjadi bisa dibuka. “Ini ‘kan penting seperti dikatakan Pak Deputi barusan,” katanya.

      Beberapa hal tadi dan yang lainnya, kata Sumasna akan dilakukan koreksi dan pembenahan supaya sesuai dengan tujuan program ini yaitu meningkatkan kualitas rumah lebih layak huni. Kabupaten Subang mendapat bantuan perbaikan sebanyak 970 unit yang terdiri dari program kelautan dan aspirasi.(*).

       

        • Dibaca: 1013 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...