Diharapkan AWI Bisa Sinergi Dengan Organisasi Pers Lain

      SUBANG (MGO) - Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Subang pelantikan pengurus Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) DPC Subang dapat bersinergi dengan organisasi profesi pers lainnya.

      Dilanjutkan Plt.Sekda Subang, Abdurakhman keberadaan Organisasi Profesi Wartawan di Subang hususnya AWI seyogyanya dapat membantu penyebaran informasi kepada masyarakat. Melalui organisasi profesi tersebut diharapkan bisa membantu meningkatkan intelektual sumber daya manusia (SDM) yang menjadi modal utama. Kemudian bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan.

      “Sehingga insan pers lebih fokus pada profesinya dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat,” ujar Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Subang, Abdurakhman dalam sambutannya mewakili Bupati Subang. Sambutan tersebut disampaikan pada Pelantikan Pengurus Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) DPC Subang di Aula Pemda Subang, Kamis (28/2).

      Selanjutnya Abdurakhman menyatakan supaya AWI DPC Subang dapat bersinergi dengan organisasi profesi pers lainnya dalam melaksanakan kinerjanya. Disamping bersinergi dengan masyarakat dan stakeholder pemerintah.

      Terpilih sebagai Ketua DPC AWI Subang ialah Aip Saeful Rohman yang dibantu kepengurusan lainnya. Usai dilantik Aip selaku Ketua menyampaikan tentang tekad untuk memajukan anggotanya supaya mampu bekerja dengan baik.

      Sosok AWI Kabupaten Subang, kata Aip, memang perlu diperkuat agar tidak timbul keraguan dari piihak masyarakat dan pemerintah, terutama terkait dengan istilah yang merendahkan profesi wartawan. Misalnya  “Wartawan Bodrek”, “Wartawan Abal-Abal” dan “Wartawan Asdalima”.

      Diakui oleh Aip, bahwa dari aspek latar belakang pendidikan anggota AWI masih rata-rata tingkat SLTA. Sedangkan idealnya setara D III. Namun demikian bukan berarti  kualitas profesinya tidak bisa dipertanggungjjawabkan karena mereka rata-rata memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup baik. Oleh karena itu untuk mencapai kesetaraan pendidikan yang ideal  dengan  tuntutan profesi, DPC AWI subang merencanakan melakukan pendidikan dan latihan  profesi  jurnalistik bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang, dan lembaga Pers serta pemerintah secara periodik.

      Hal ini dilakukan supaya para anggota AWI mampu menyesuaikan perkembangan keahlian jurnalismenya., termasuk pemantapan etika profesi dan etika komunikasi Indonesia yang mengacu pada pemahaman Idiologi dan dasar negara Pancasila dan UUD 1945.

      Dalam sambutannya Ketua DPP AWI, R. Mustafa, B.Sc menyampaikan kehadiran organisasi profesi yang mewadahi insan pers di Subang bisa bersinergi dengan baik sehingga mampu bekerja sesuai dengan peranannya. “Setelah dilantik, diharapkan jajaran pengurus dapat bekerja dengan baik penuh disiplin, berdedikasi dan bisa mempertanggungjawabkan pekerjaannya,”ujar Mustafa dalam sambutannya.

      Hingga kini, lanjut Mustafa bahwa perwakilan organisasi AWI telah tersebar di 30 provinsi dari 33 provinsi di Indonesia yang siap mendukung para anggotanya dalam melaksanakan kerja jurnalistik.

      Kegiatan pelantikan turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Subang, Oman Warjoman serta perwakilan jajaran pimpinan AWI dari berbagai daerah diantaranya Kabupaten Karawang, Kota Bekasi, Kota Bogor dan Kota Malang.(*).

        • Dibaca: 988 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...