Bupati Subang Ingatkan Instansi Pemerintah Peduli Bencana

      SUBANG (MGO) - Bupati Subang ingatkan dinas instansi pemerintah kabupaten Subang untuk peduli kepada korban bencana banjir.

      Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) kab. Subang, Drs. H. Abdurakhman, M.Si, yang menyampaikan amanah Bupati Subang, Ojang Sohandi yang berisi aga supaya dinas, instansi dan lembaga pemerintah Kab. Subang ikut melakukan penanganan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Subang beberapa waktu terakhir. Penanganan dilakukan pembagian tugas kepada wilayah-wilayah yang tertimpa bencana.

      “Kita mendapatkan bantuan dari Yayasan Mitigasi bencana Indonesia (YMBI) untuk segera dibagikan ke lokasi bencana,” ujar Abdurakhman pada saat menjadi Pembina Apel Pagi, Senin (28/1) di halaman Kantor Setda Kab. Subang. Apabila tidak segera disalurkan, lanjut Abdurakhman, dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan baru.

      Sesuai arahan Bupati, kata Abdurakhman, penanganan bencana dilakukan oleh SKPD-SPKD dengan pembagian tugas berdasarkan wilayah-wilayah bencana. Diantaranya dengan menyalurkan bantuan kepada para korban dan melakukan penanganan yang diperlukan.

      Bantuan yang diterima dari YMBI sebanyak 400 paket yang terdiri dari uang tunai, sembako, perlengkapan rumah tangga, pakaian layak pakai dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh para korban bencana. Usai apel pagi bantuan dari YMBI segera dilakukan penyortiran dan pemerikasan untuk selanjutnya akan disalurkan kepada korban bencana.

      Seperti diketahui beberapa waktu terakhir di Subang mengnalami curah hujan tinggi yang menyebabkan meluapnya sungai Ciasem di wilayah utara Subang. Akibatnya ratusan rumah warga dan fasilitas umum seperti sekolah dan jalan desa di Desa Sindanglaut Kecamatan Ciasem terendam air sertinggi 50 cm Subang.

      Untuk menanggulanginya Satuan Pelaksana (Satlak) bencana pada 22 januari 2013 mengirimkan bantuan ke 4 lokasi kecamatan yang dilanda bencana yaitu Kec. Pamanukan, Kec. Blanakan, Legonkulon dan Kec. Sukasari. Bantuan yang disalurkan berupa makanan cepat saji, mie instan, air mineral, kopi dan obat-obatan serta keperluan yang dibutuhkan oleh para pengungsi. Bantuan tersebut bersumber dari sumbangan 16 SKPD dinas, badan dan instansi pemerintah di Kabupaten Subang.

      Bupati Subang, Ojang Sohandi menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut membantu meringankan korban bencana khususnya bencana banjir. Karena kata Bupati, diperkirakan banjir menjadi ancaman sepanjang curah hujan yang masih tinggi hingga bulan Pebruari 2013 mendatang. “Puncaknya (hujan) memang hingga Pebruari, jadi kemungkinan akan tetap (menjadi ancaman) banjir hingga akhir Pebruari mendatang,” jelasnya.(*).

        • Dibaca: 652 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...