Cellplan Menara Komunikasi

      SUBANG (MGO) - Masalah retribusi dan pemetaan pendirian menara telekomunikasi di Wilayah Kabupaten Subang terungkap dalam acara “Cell Plan Menara Komunikasi di Kabupaten Subang, Kamis (27-12-2012) di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Subang.

      Sejumlah pihak mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten (pemkab) Subang segera menyusun Peraturan Bupati yang mengatur tentang nominal retribusi yang harus dikeluarkan.

      Seperti terungkap oleh salah seorang narasumber dari PT. Devan Telemedia, konsultan Cellplan menyatakan mengenai besaran retribusi pada kenyataannya sering menemui kendala. Diantaranya dasar besaran sewa lokasi yang didasarkan pada luas. Untuk itu yang lebih berkompeten memperoleh informasi kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama setempat dengan mendasarkan pada nilai jual objek pajak (NJOP).

      “Di beberapa daerah sering meminta data dari KPP Pratama setempat,” jelas Toni.

      Namun, dilanjutkan Toni ada permasalahan mengenai luas sewa. Semisal penggunaan hanya 10 x 10 meter tetapi karena berada dalam areal tertentu, ditetapkan dasar nilai seluas satu hektar.

      Untuk melindungi masyarakat sekitar dari efek keberadaan menara telekomunikasi, diusulkan memberi perlindungan berupa asuransi kepada masyarakat sekitar lokasi tower oleh operator seluler. Untuk antisipasi kemungkinan yang tidak diharapkan.

      Sedangkan mengenai perijinan diusulkan supaya bottom up sehingga lebih kesesuaian dengan kondisi lingkungan. Maksudnya ialah perijinan untuk menara harus berdasarkan rekomendasi dari tingkat bawah, desa dan kecamatan.

      Sedangkan mengenai pemetaan lokasi menara telekomunikasi ada wacana membuat lokasi menara bersama sehingga bisa mengoptimalkan keberadaan menara telekomunikasi serta mengefektifkan fungsi menara tersebut.

      Kegiatan ini dihadiri peserta para pejabat dilingkungan kecamatan, pengelola radio siaran dan pengelola operator seluler.(*).

        • Dibaca: 848 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...