Bupati, Pajak Daerah & Retribusi RSUD Subang Potensi PAD

      SUBANG (MGO) - Pajak Daerah dan Pendapatan sah dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi sumber potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Subang. Prediksi kenaikan PAD merupakan hasil penyusunan dari musrenbang dari tingkat daerah sampi tingkat kabupaten.

      Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Subag, Ojang Sohandi pada Sidang Paripurna DPRD Kab. Subang dengan agenda Penyampaian Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di gedung DPRD, Selasa (3-12-2012).Dalam upaya meningkatkan PAD dari Badan Usaha Milik daerah (BUMD) lainnya yang belum memberikan kontribusi, akan dilakukan optimalisasi peningkatan penelolaan perusahaan melalui pembinaan BUMD.

      Selanjutnya Bupati merinci pos-pos PAD yang mengalami peningkatan dan penurunan dengan penjelasan dari pajak daerah mengalami kenaikan lebih dari 2.5 milyar rupiah, hasil retribusi daerah mengalami penurunan sekitar 2,2 milyar rupiah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan mengalami kenaikan sekitar 542 juta rupiah dan pos lain-lain pendapatan asli daerah yang sah mengalami kenaikan sekitar 3,3 milyar rupiah.

      Mengenai asumsi Rp. 6 milyar pada pos pembiayaan daerah adalah merupakan pencairan dana cadangan yang pada tahun anggaran 2012 diangarkan pada pos pembentukan dana cadangan. Hal ini telah sesuai dengan peraturan pengelolaan keuangan daerah.

      Untuk penyertaan modal kepada PD. BPR berdasarkan Perda tentang pendirian PD. BPR yang didalamnya terdapat kewajiban pemerintah yang harus dipenuhi dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun serta perkembangan PD. BPR yang sudah dapat memberikan kontribusi berupa deviden kepada pemerintah daerah.

      Mengenai kenaikan belanja pegawai pada tahun anggaran 2013, dijelaskan bahwa penetapan belanja pegawai pada tahun anggaran 2013 dengan memperhitungkan penyediaan accress sebesar 2,5%, sesuai Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) No. 37 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun anggaran 2013, rencana kenaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 7% (sesuai dengan pidato Presiden tentang pengantar nota keuangan RAPBN tahun anggaran 2013), dan tunjangan jabatan dianggarkan sesuai formasi jabatan di lingkup Pemkab Subang.

      Adapun belanja tidak terduga dijelaskan untuk membiayai kejadian-kejadian yang tidak dapat direncanakan sebelumnya, seperti : bencana alam dan bencana sosial.

      Berkenaan urusan wajib Pekerjaan Umum yang seolah-olah menurun, dikarenakan pada draft RAPBD tahun anggaran 2013 belum memasukkan bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

      Sedangkan soal penerimaan CPNS dijelsakan bahwa sampai saat ini pemerintah daerah tidak menganggarkan kegiatan penerimaan CPNS dan alokasi gaji pegawainya dikarenakan kebijakan pemerintah pusat dalam bentuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri perihal moratorium pengangkatan CPNS.

      Kemudian dalam bidang infrastruktur memprioritaskan infrastruktur dan pagu anggarannya karena bangkitan perekonomian suatu wilayah tidak terlepas dari faktor infrastruktur jalan dan jembatan yang baik. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Subang pada RAPBD tahun 2013 mengalokasikan pagu anggaran infrastruktur jalan dan pengairan sebesar Rp. 112 milyar atau sebesar 24,64% dari total belanja langsung.

      Adapun mengenai masih kurangnya alokasi anggaran kesehatan dapat digambarkan bahwa total belanja urusan kesehatan dibandingkan dengan RAPBD 2013 mencapai 4,8%, dan dibandingkan total belanja langsung sudah mencapai 14,13%. Namun demikian terhadap usulan prioritas kesehatan kami sepakat untuk dibahas bersama-sama pada forum badan anggaran atau komisi DPRD.

      Pada dasarnya kami sepakat dengan apa yang disampaikan fraksi PKS dengan disesuaikan terhadap peraturan-peraturan perundangan yang berlaku kemudian terkait dengan usulan kegiatan dan program urusan pendidikan tahun 2013 dapat dibahas bersama-sama dalam forum badan anggaran agar hasil yang diputuskan dapat terwujud secara maksimal dan tepat guna.

      Dalam rangka perwujudan visi dan misi Kabupaten Subang, salah satu faktor yang menjadi pendorong keberhasilan adalah peningkatan kesejahteraan melalui sektor pertanian dikarenakan sebagian besar wilayah dan tenaga kerja masyarakat Subang bergerak di sektor pertanian sehingga terhadap penyampaian pandangan oleh fraksi PKS kami sangat sepakat. Oleh karena itu dalam rangka mencari solusi terbaik terhadap usulan-usulan yang berkaitan terhadap sektor pertanian dalam bentuk program dan kegiatan di tahun 2013 dapat kita bahas di dalam forum badan anggaran.

      Dalam rangka mengantisipasi membaiknya minat investasi di Kabupaten Subang, Dinas Tenaga Kerja telah melakukan upaya kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan serta melakukan pelatihan keterampilan bagi calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar dan dapat diinformasikan bahwa pada tahun 2013 ini Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Subang di dalam RAPBD 2013 telah mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp. 2,3 milyar atau meningkat signifikan sebesar Rp. 1,1 milyar.

      Disisi lain, Bupati menjelaskan anggaran penanggulangan kebakaran Pasar Pagaden, yang mana upaya Pemerintah Kab. Subang dalam menanggulangi kebakaran Pasar Pagaden yang terjadi beberapa waktu lalu, Bupati mengatakan pihaknya telah berkoordinasi bersama Satkorlak PBA dan dinas instansi teknis di lapangan dengan perkiraan biaya pembangunan kembali pasar kurang lebih sebesar Rp. 450 juta.

      “Dengan harapan masyarakat pasar bisa menikmati aktivitas pelayanan jual-beli kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat di sekitarnya,” ujar Bupati.(*).

        • Dibaca: 1006 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...