Pemandangan Fraksi-Fraksi Dalam RAPBD Soroti Tiga Hal

      SUBANG (MGO) Masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pendapatan daerah banyak disoroti oleh fraksi-fraksi DPRD Kab. Subang.

      Diantaranya Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (F-PDIP) yang meminta penjelasan tentang alokasi anggaran untuk pendidikan yang diharapkan lebih dari 40%. “Bila bercermin pada APBD tahun 2011 mampu menganggarkan sampai 42%. Untuk itu kami mohon penjelasan,” ujar Nining W. Suherman ketika membacakan Pemandangan F-PDIP di depan Sidang Paripurna yang mengagendakan Pemandangan Fraksi-Fraksi atas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kab. Subang Tahun 2013 di Gedung DPRD, Senin (3-12-2012).

      Selanjutnya F-PDIP juga meminta penjelasan tentang tambahan penyertaan modal kepada PD. BPR sebesar Rp 3 milyar. “Kenapa hanya PD. BPR saja yang diberikan tambahan penyertaan modal? Oleh karena itu kami mohon penjelasan,” tambahnya. Penjelasan lainnya ialah mengenai dana cadangan Pemilu Kepala Daerah di Subang tahun 2013 sebesar 5 milyar. Kemudian dalam hal pelayanan kesehatan, F-PDIP ujar Nining, mewacanakan pelayanan kesehatan non-kelas karena akan meningkatkan keadilan pada pelayanan kesehatan masyarakat.

      Pada dasarnya Fraksi PDIP mendukung sepenuhnya Program Desa/Kelurahan mandiri Gotong Royong (D/KMGR) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Subang.

      Sedangkan pemandangan Fraksi Partai Demokrat (F-PD) yag dibacakan oleh Ade Suhaya, meminta penjelasan tentang estimasi peningkatan Pendapatan Asli daerah (PAD) yang disampaikan dalam nota pengantar Bupati. Penjelasan yang diminta oleh F-PD ialah tentang jenis yang menjadi pendukung peningkatan PAD tersebut.

      Kemudian F-PD meminta penjelasan tentang peningkatan anggaran belanja pegawai. “Adanya peningkatan anggaran belanja pegawai. Apakah ada penambahan jumlah eselon? Mohon penjelasan,” ujar Ade Suhaya.

      Penjalasan juga diminta atas tentang peningkatan dana perimbangan bagi hasil pajak. F-PD memandang perlu dalam mengkaji RAPBD.didampingi oleh tim ahli.

      Berikutnya Pemandangan Umum dari dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) yang dibacakan oleh Dr. H. Encep Sugiana menyatakan supaya APBD Kabupaten Subang mencerminkan kemandirian daerah dalam membiayai pembangunannya.

      Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, menurut F-PKS bisa dilakukan dengan mengoptimalkan dari retribusi dan pajak daeran. Melalui retribusi perhotelan, restoran dan parkir. Selama ini kurang optimalnya pendapatan daeran karena kurang akuratnya database. Sehingga estimasi yang dihasilkan menjadi under estimate.

      F-PKS juga mengusulkan untuk menunda penerimaan CPNS. Lebih baik melakukan optimalisasi dengan menghitung kembali jumlah PNS yang bisa didayagunakan.

      Mengenai layanan kesehatan perlu adanya peningkatan jumlah ruang perawatan dan dokter spesialis serta peningkatan kualitas sarana puskesmas-puskesmas di kecamatan-kecamatan yang dinilai masih kurang memadai.

      Sedangkan sektor perlu mendapat perhatian karena sektor ini hanya mendapatkan alokasi anggaran sebesar 3%.

      Bidang tenaga kerja, F-PKS mengusulkan untuk mengaktifkan kembali balai-balai tenaga kerja yang dibiayai oleh pemerintah. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja warga Subang. Bidang pendidikan mengsulkan supaya supaya tenaga-tenaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) medapatkan alokasi anggaran.

      Sidang Paripurna ini dihadiri oleh para Kepala Dinas/badan dan Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Subang. Selanjutnya pihak eksekutif akan menyampaikan jawaban atas pemandangan fraksi-fraksi.(*).

        • Dibaca: 659 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...