Anggota DPRD Jangan Hanya Bisa Bikin Perda dan Anggaran Saja, Kontrolnya Mana ?

      SUBANG (MGO) - Sejumlah masyarakat mengharapkan agar anggota DPRD bisa mengemban tugasnya secara utuh, yakni sebagai penganggar, pembuat perda dan sebagai kontrol. jangan sebaliknya kontrol tidak ada malah sigap membuat anggaran dan membuat perda saja.

      "Entah karena menganggarkan dan membuat perda ada duitnya, jadi lupa sebagai kontrolnya,"jelas Sekretaris Umum Ormas GIVAL, Harmansyah, SH. pada MGO, Rabu (07-11-2012).

      Padahal sesuai dengan undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah pada pada pasal 41 disebutkan bahwa DPRD memiliki fungsi sebagai Legislasi, penganggar dan pengawasan, dan pada paragraf ketiga anggota DPRD mempunyai tugas dan wewenang terdiri dari huruf a sampai dengan huruf k adalah cukup jelas dan lugas, diantaranya pengawasan yang selama ini jarang terdengar. 

      Kenyataan yang ada, dilanjutkan Harmansyah, anggota DPRD terkesa telah melupakan kontrolnya, seperti terjadinya sejumlah pelanggaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang dikerjakan oleh sejumlah kontraktor yang anggarannya bersumber dari berbagai tingkat pemerintah, baik pemda Subang, Pemprov maupun pempus pada kenyataannya dilapangan anggota DPRD belum nampak responnya.

      "Engga tahu belum ada responnya atau pura-pura tidak tahu ada kejadian penyimpangan, atau jangan-jangan proyek itu miliknya juga, engga tahu juga sih, yang jelas proyek si A yang melaksanakannya si B,"ujar Harmansyah.

      Pun, ditambahkan Harmansyah, adanya sejumlah pelanggaran Perda, Kepmen, PP maupun UU yang dilakukan oleh sejumlah oknum eksekutif, legislatif dan bahkan yudikatif ternyata anggota DPRD tidak ada nyali, dan ternyata nyalinya malah sama-sama melanggarnya. Nah itulah salah kaprahnya wakil rakyat, produknya dilanggar pihak pelaksana malah diam saja, malah anggota DPRD itu sendiri yang memulainya.

      "Bener lho, oknum anggota DPRD sendiri yang membuatnya Dia juga yang melanggarnya dan terkesan dia yang buat perda dia sendiri yang mencaploknya, contohnya konversi lahan pertanian kan oknum DPRD ramai-ramai menandatangani surat rekomendasi tuk mendukung pendiriannya," tambahnya, pun masih banyak hal yang perlu dikontrol dan tindak DPRD.  

      Sementara itu, Bupati Subang Ojang Sohandi pada saat menghadiri Sidang Paripurna penandatanganan KUA dan PPAS di Gedung DPRD Kab. Subang berterima kasihnya kepada DPRD atas perhatian anggota dewan yang telah mencurahan perhatian dan bekerjasama dengan dalam penyusunan anggaran. Kritik dan saran yang disampaikan pada pandangan akhir fraksi-fraksi dan selama pembahasan akan dijadikan masukan berharga dalam pelaksanaan pembangunan.

      Selanjutnya Ojang menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Subang memiliki target utama pembangunan diantaranya peningkatan sumber daya manusia (SDM), peningkatan ekonomi kerakyatan, peningkatan infrastruktur masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan.

      Penandatanganan secara resmi dilakukan oleh Ketua DPRD Kab Subang, Atin Supriatin dan Bupati Subang yang saksikan oleh anggota dewan lainnya serta para pejabat jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Subang.(*).

        • Dibaca: 845 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...