Kades Tangjungrasa Kidul Dicecar Oleh Tim Rececking DMGR Pemda Subang

      DMGR SUBANG (MGO) – Desa Tanjungrasa Kidul masuk nominasi 12 besar dalam lomba Desa Mandiri Gotong Royong tahun 2011, saat ini memasuki tahap ReCkeking oleh tim evaluasi DMGR Kabupaten Subang, Rabu (21-12-2011. gedung GOR Desa Tanjungrasa Kidul Kecamatan Patokbeusi Subang Jawa barat.

      Dalam kegiatan yang di pimpin oleh Kepala BPMKB Kabupaten Subang, Nanang Wikanda. Kades Tanjungrasa Kidul Ujang Suryadi kepada tim evaluator Kabupaten Subang memaparkan mengenai kondisi, demograpi dan prestasi pembangunan pemerintahan Desa Tanjungrasa Kidul. Sesi selanjutnya berlangsung tanya jawab dari tim evaluator Kabupaten Subang seputar bidang yang dilombakan meliputi bidang Kesehatan, bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang lingkungan hidup.

      Dimulai oleh Evaluator pertama membidangi ekonomi oleh H.Momon dari Dinas Peternakan Kabupaten Subang membahas salah satunya kegiatan yang belum melibatkan Gapoktan sebagai mitra Desa dalam sektor peternakan. Evaluator kedua Tri Haryanto Kasubag ekonomi Setda Subang meminta perlu disusunya peraturan Desa (Perda) Retribusi terhadap pengusaha yang didominasi di Desa ini, seperti peternakan ayam, LED, BUMDes serta partisipasi masyarakat yang belum disertakan secara optimal.

      Evaluator ketiga bidang Kesehatan, Mira Rosdiana dari Bappeda pemda Subang merilis mengenai gizi masyarakat masih kurang, perlunya rvisi angka-angka ganjil yang tercatat dalam validasi data yang kurang akurat. Evaluator keempat bidang pendidikan dari Disdik Subang menyimak masih kurangnya kelompok masyarakat peduli pendidikan dan masih minimnya sarana Paud yang semestinya setiap Desa memiliki 12 kelompok Paud.

      Evaluator ke lima bidang pendidikan Nunung Nurhayati mensikapi masih tingginya angka buta hurup dikisaran 62 prosen yang di dominasi usia lanjut, ada pula jumlah penduduk yang tidak tamat Sekolah Dasar (SD) mencapai 1052 orang yang dianggap angka cukup signifikan dan perlunya penekanan minimalisir. Evaluator keenam membahas bidang lingkungan hidup oleh Deni Wiryanto dari Dinas kesehatan Subang. Kata Deni dari empat faktor bidang yang dilombakan yang paling berpengaruh yaitu bidang lingkungan, dinilai ada sebanyak 45 prosen masyarakat Desa Tanjungrasa Kidul belum cukup akses cakupan penyediaan air bersih dan cakupan jamban yang selasar dengan STBM (Sanitasi,Total Berbasis Masyarakat).

      Sementara di Kabupaten Subang dari sebanyak 253 Desa dan 30 Kecamatan baru 20 Desa yang sudah menyandang Desa BABS masih jauh tertinggal dengan Kabupaten Sumedang sudah 100 Desa BABS, dengan berbagai pertanyaan yang disampaikan masing-masing bidang oleh evaluator yang membidangi dengan gamblang di paparkan dan dijawab oleh Kades Tanjungrasa Kidul.

      Dari sejumlah tim Rececking pemda Subang cecar Kades Tanjungrasa dengan sejumlah pertanyaan tersebut berkaitan untuk memvalidasi data dukung lomba DMGR yang kemungkinannya bisa menentukan validasi data dan validasi lapang di Desa Tanjungrasa Kidul. Sehingga tim Rececking mengharapkan agar Kades Tanjungrasa Kidul bisa melengkapi data-data forofil yang belum lengkap.

      Camat Patokbeusi ketika di konfirmasi reporter MGO mengatakan kekurangan-kekurangan yang ditanyakan oleh tim evaluator sebelumnya Kades sudah mengetahuinya namun belum dimasukan ke data profil Desa sehingga tidak terlihat yang kemudian nantinya menyusul untuk memasuki datanya. Pun demikian, ditambahkan Kades Tanjungrasa Kidul, Ujang Suryadi mengatakan dengan penilaian seperti ini yang dilaksanakan ketiga kalinya oleh Tim Evaluasi Kabupaten Subang masih dalam kegiatan yang sama yakni penilaian DMGR.

      Bahkan kegiatan ini, Kades mengatakan bahwa masyarakatnya sangat mendudung program penilaian DMGR yang sedang dan telah berlangsung di Desanya,”Adapun beberapa hal masih adanya kelemahan validasi data yang belum sempat dimasukan ke data fropil, kedepanya kelemahan dan kekurangan akan diperbaiki,”ujar Kades.(*).

       

        • Dibaca: 1082 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

         
                          

        Berita Terbaru

        Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan Kapolsek Purwadadi Pimpin Upacara Hari Pahlawan SUBANG (MGO) - Kapolsek Purwadadi Kab.Subang, Kompol Supratman S.sos memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan Nasiona...
        759 Anggota PPS Diambil Sumpah 759 Anggota PPS Diambil Sumpah SUBANG (MGO) – Sebanyak 759 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 253 desa dan kelurahan di Kabupaten Subang dilant...
        Bupati : Wadah Nelayan PNTI Bupati : Wadah Nelayan PNTI SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imasa Aryumningsih menyatakan nelayan memiliki wadah dan media untuk menyalurkan keluhan se...
        Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa Fungsi BPD Bukan Oposisi Kepala Desa SUBANG (MGO) - Fungsi BPD di Kabupaten Subang bukan merupakan opsisi Kepala Desa (Kades) akan tetapi inovasinya untuk mengelola...
        PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PT.Saneka Kontraktor Drainase Tertutup Bagi Publik PANTURA (MGO) - Kontraktor PT.Saneka yang mengerjakan proyek Drainase Cikampek-Sukamandi terkesan tertutup bagi publik.Pasalnya...