Bupati Subang: "Tingkatkan Serapan Anggaran Sesuai Prosedur"

altSUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imas Aryumningsih menekankan kepada Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Subang supaya segera melakukan kegiatan dengan penyerapan anggaran sesuai dengan pengawasan dan prosedur yang telah ditetapkan. “Agar segera dilaksanakan kegiatan dan penyerapan untuk semua dinas dan kecamatan dengan pengawasan dan prosedur yang sudah di tetapkan,” ujarnya dalam dalam sambutan pada Rapat Dinas Achievement Motivation Training di Aula Dayang Sumbi Sari Ater Hotel dan Resort Subang, Rabu (4/10).

Pada kesempatan ini Rapat diisi dengan mengundang motivator muda, Edvan M Kautsar yang memberikan motivasi dalam kerja. Dengan tema kegiatan “Bahagia Bekerja, Bekerja Bahagia”.

Selanjutnya ka Imas, melalui rapat dengan motivasi yang diberikan motivator diharapkan dimasa depan dapat diterapkan oleh diri sendiri dan rekan kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diiringi niat ikhlas bekerja. “Diharapkan dapat memberikan kebahagiaan bagi ASN dan masyarakat,” imbuhya.

Harapan kita semua, kata Imas bisa menjadikan Subang berkembang yang diupayakan oleh masyarakat Subang sendiri.

Mengenai perkembangan dan pembangunan di Subang sekarang sudah maju dengan diraihnya berbagai penghargaan baik itu dalam pembangunan dan peraihan MURI.

“(Berbagai Penghargaan) sudah (kita) peroleh. Kedepannya apa yang sudah di raih harapan bisa di pertahankan dan di tingkatkan,” katanya lagi.

Rapat Dinas dihadiri para Asda dan para peserta dari eselon II, eselon III, para Kepala OPD/SKPD, para Camat, Bendahara, Petugas Akuntansi, Pengurus Barang dan Kontributor data LKPJ Bupati dan LPPD Kabupaten Subang tahun 2017.

Dalam laporan Kepala Bagian Pemerintahan, Nana Mulyanan bahwa rapat dinas tahun 2017 dilaksanakan dengan format acara archievement motivation training. Peserta yang hadir tercatat 409 orang terdiri dari seluruh kepala OPD/SKPD se-Kabupaten Subang, para Camat se-Kabupaten Subang dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Motivator, Edvan M. Kautsar memberikan materi tentang cara-cara supaya bisa bahagia saat bekerja dan selalu bekerja dalam keadaan bahagia. “Terutama bagaimana kita bisa tahan menghadapi tekanan pekerjaan dan stres yang sering kali mengampiri sehingga mampu bekerja dengan penuh rasa bahagia,” katanya.

Bekerja dengan serius dalam mencapai target, meningkatkan produktifitas diri dan tim, membangun budaya kerja dengan sikap mental positif, mengarahkan fokus dan energik secara maksimal, memahami dan menyadari makna tujuan kerja yang lebih baik, menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam bekerja serta membangun mental juara dalam situasi kritis.(*). 

 

Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang

altSUBANG (MGO) – Berkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengharapkan peranan generasi muda harus mengetahui sejarah bangsanya secara benar. Oleh karena itu peranan penting yang dilakukannya ialah belajar dengan benar.

“Supaya mereka (generasi muda) mengetahui sejarah dengan benar,” ujarnya kepada wartawan usai Apel Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang tahun 2017 di Alun-Alun Subang, (1/10).

Dengan belajar sungguh-sungguh bisa mengetahui sejarah yang sebenarnya tentang baik dan buruk dari peristiwa yang terjadi. “(Bisa mengetahui) itulah yang tidak baik,” imbuhnya.

Kemudian lanjut Imas, itu adalah bagian dari mengisi pembangunan dengan hal-hal postif sesuai dengan semangat Pancasila.

Apabila ingin menyampaikan kritik harus disampaikan dengan cara yang baik dan benar. “Kritik itu juga (disampaikan dengan tujuan) untuk pembangunan,” katanya lagi.

Kemudian ketika ditanya mengenai keseriusan dalam pemberantasan tgindak pidana korupsi, Imas menyatakan Pemkab Subang sudah berkomitmen bersama aparatur pemerintah lainnya.

Kata dia dalam tindak pidana korupsi sering ada jebakan-jebakan atau pancingan-pancingan. “Maka dari itu pihaknya sering mengingatkan supaya waspada terhadap pancingan atau jebakan. Kita selalu mengingatkan (kepada aparatur pemerintah),”

Kemudian pihaknya mengupayakan antisipasi supaya aparatnya terhindar dari tindak pidana korupsi. “Kita tidak cukup hanya melarang korupsi. Maka dari itu Pemkab Subang menaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Untuk itu (upaya Pemkab Subang dalam memberantas korupsi) TPP sudah dinaikan. Tinggal gaji bupati saja yang belum naik,” ujarnya sambil berseloroh.

Adapun Tema yangdiusung ialah “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur.”

Dibacakan Pernyataan Ikrar Kesetiaan yang berisi akan menjaga kesadaran dalam ber-Pancasila yang telah berkali-kali dirongrong oleh kekuatan yang ingin menggantikannya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Subang, Komanda Upacara, Kapten Inf M. Rifki, Perwira Upacara, Kapten Inf Salih Permana. Kemudian bertindak sebagai Pembacaan teks Pancasila  Darmono Indra, Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Lita pelitiani.

Tamu Undangan Sekda Kab. Subang, Drs. H. Abdurachman, Msi, Ketua DPRD Kab Subang, Ir. Beni Rudiono, Danlanud Suryadarma Kalijati, Marsma TNI Timbang Sembiring Meliala,

Kapolres subang, AKBP Muhammad Joni, Dandim 0605/Suban, Letkol Inf Fikri Ferdian, Kajari Subang, Chandra Yahya Welo, Ketua Pengadilan Subang, Danyonif 312/KH, Mayor Inf Medi H Wibowo,  Danwing Tekal, Kolonel Tek Stepanus Erwin, serfta jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Subang. (*)

 

Kejari Subang Selamatkan Keuangan Negara 6,8 Milyar Rupiah

altSUBANG (MGO) – Upaya memulihkan keuangan daerah oleh Pemkab Subang terus diupayakan dengan melakukan penagihan tunggakan dalam bentuk pajak daerah ataupun lainnya. Untuk mengatasinya kemudian pihak Pemerintah Kabupaten Subang menggandeng Kejaksaan Negeri Subang sebagai Jaksa Pengacara Negara untuk melakuan penagihannya. Upaya ini dilandasi dengan UU No 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan pasal 30 ayat 2.

Menurut mantan Kepala Seksi Pidana Umum, Sunarto sepanjang penanganan olehnya selama 1 tahun 3 bulan telah berhasil menyelamatkan keuangan negara dan daerah lebih dari 6,8 milyar rupiah yang terdiri keuangan dari Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kab Subang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab Suban, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kata Sunarto dengan pelimpahan kepada Kejaksaan penagihan yang dilakukan secara proktif melayangkan surat kepada tertagih dengan menyebutkan konsekuensi hukum secara perdata. Dengan tetap mengedepankan fleksibilitas. 

“Misalnya dilakukan dengan mencicil dari tunggakannya. Yang penting ada kemauan baik memenuhi kewajiban pembayaran,” ujarnya yang kini menjabat sebagai Kasie Pidana Umum.

Namun apabila menemui kebuntuan dalam penagihan bisa dilakukan upaya perdata berupa penarikan aset milik tertagih setelah melalui putusan hakim. “(Namun) kami tetap mengutamakan win-win solution dengan tertagih,” imbuhnya lagi.

Kepala Bidang Pendapatan II BPKD Kabupaten Subang, Fakhrudin menyebutkan sangat merasakan manfaat kinerja Kejaksaan yang telah berhasil melakukan penagihan. “Jadi kami bisa melakukan pelayanan lain misalnya pendataan dan penyisiran wajib pajak lainnya yang berpotensi,” katanya.(*).

 
                  

Berita Terbaru

Bupati Subang: "Tingkatkan Serapan Anggaran Sesuai Prosedur" Bupati Subang: SUBANG (MGO) – Bupati Subang, Imas Aryumningsih menekankan kepada Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Subang supaya segera ...
Segerakan Pendaftaran Parpol Segerakan Pendaftaran Parpol SUBANG (MGO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang mengharapkan kepada partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) ta...
Kereta Tabrak Mobil Di Perlintasan tak Berpintu Kereta Tabrak Mobil Di Perlintasan tak Berpintu SUBANG (MGO) – Kendaraan R4 jenis Suzuki Katana yang dikendarai oleh Saman (50)warga Salamjaya Pabuaran tertabrak oleh Ke...
Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Subang SUBANG (MGO) – Berkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengharapkan peranan generasi ...
Kejari Subang Selamatkan Keuangan Negara 6,8 Milyar Rupiah Kejari Subang Selamatkan Keuangan Negara 6,8 Milyar Rupiah SUBANG (MGO) – Upaya memulihkan keuangan daerah oleh Pemkab Subang terus diupayakan dengan melakukan penagihan tunggakan ...